6 KRITERIA SUPLIER YANG COCOK UNTUK DIAJAK KERJASAMA

suplier yang cocok diajak kerjasama


Salah satu variabel paling penting dalam bisnis dari rumah adalah mendapatkan suplier produk yang qualified untuk menjadi partner kita. Sebab tanpa itu, sudah kadung kita gencar melakukan promosi tiba-tiba pengiriman barang mandeng. Habislah nama kita di depan konsumen

Apalagi di jaman sekarang dimana media komunikasi sudah demikian bertebaran dimana-mana. Sekali kita gagal melayani konsumen, bisa habis bisnis kita karena konsumen yang curcol di media sosial.

Untuk itu diperlukan pengambilan kriteria bagaimana mendapatkan suplier yang tepat untuk bisnis kita. Di antara tips dan kriteria dalam mendapatkan suplier yang sesuai adalah sebagaimana berikut :

1. Produknya berkualitas

Ini merupakan kriteria utama. Jadi agar konsumen puas, maka produk haruslah merupakan produk yang berkualitas. Adapun apa yang dimaksud berkualitas disini tentu berbeda-beda antar produk. Berkualitasnya produk kosmetik misalnya, tentu berbeda dengan berkualitasnya produk untuk nutrisi.
Jadi agar gampang mengenali suatu produk itu berkualitas atau nggak, maka anda harus menjadi pemakai dulu. Coba pakai 1 atau 2 produk dulu, dan rasakan sensasinya. Jika menurut anda bagus, maka jual saja. Jika tidak layak ya jangan. Ini cara singkatnya. Cara lebih panjang kita bahas lain kali ok.

2. Bisa menangani berapapun jumlah pesanan (Produk mudah di scale-up)

Ada pengalaman menarik dari seorang teman, dimana dia jualan produk makanan ringan di Instagram. Saya sendiri merasakan jualannya dia ini enak. Singkat cerita banyak yang beli. Sampai akhirnya dia kuwalahan karena bahan baku yang habis dan susah mendapatkannya. Akhirnya sekarang dia berhenti jualan. Permasalahannya sederhana. Produknya tidak bisa/ susah di scale-up. Eman-eman kan...

3. Pengiriman yang cepat

Konsumen tidak bisa menunggu lama. Ketika pesanan hari ini masuk dan transferan juga sudah masuk, maka hendaknya hari ini juga harus sudah dikirimkan barangnya. Jangan sampai menunggu besok. Selain itu juga pastikan jasa kurir bisa meng-handle pengiriman dengan cepat. Percuma kalau di suplier sudah ready dikirim barangnya, tapi di pengiriman tidak cepat.


4. Pengemasan yang bagus

Pengemasan merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari produk yang dikemas itu sendiri. Pepatah mengatakan : Jangan lihat produk dari casing-nya.
Pepatah ini tidak tepat di kenyataan. Karena sering sekali produk dilihat dari kemasannya. Jika kemasannya bagus, maka produk yang ada didalamnya juga dianggap bagus. Demikian juga sebaliknya.

Mungkin ada pernah menjumpai betapa beda sekali harga baju yang di jual kleleran di obral dengan baju yang dibungkus rapi di dalam lemari-lemari toko. Ini merupakan contoh sederhana betapa kemasan sangat menentukan. 90 % orang melihat dari casing.

5. Memberikan fee sesuai janji

Namanya bekerja, pasti anda berharap dapat bayaran. Dan untuk pekerjaan berjualan, bayarannya adalah fee penjualan. Jadi buat apa berjualan kalau tidak mendapatkan fee sesuai yang diharapkan. Jadi pastikan suplier anda memberikan fee sesuai dengan yang anda harapkan. Jangan mau dicurangi atau dikurangi bagian anda. Demikian juga jangan mau fee anda dimundurkan. Karan hal-hal semacam itu menunjukkan kurang profesional-nya suplier tersebut. Ini adalah bisnis, jangan ada sedekah. Bedakan antara bisnis dengan kegiatan sosial.

6. Terpercaya orangnya

Sikap keseharian seseorang menunjukkan karakteristik orang tersebut. Bagaimana sikap dia selama di masyarakat merupakan salah satu acuan anda dalam berhubungan dengan dia. Anda bisa bertanya dengan orang di sekitar dia. Coba aja anda berjamaah di masjid terdekat dengan rumah dia. Dan tanyakan keseharian calon suplier anda tersebut. Jika baik dan sering ke masjid, insyaAllah orangnya baik. Jika tidak, sepertinya bagusnya anda tinggalkan.


Nah itulah kelima kriteria suplier yang bisa anda ajak kerjasama. Tetapi di luar ke-6 kriteria di atas pastinya anda memiliki kriteria sendiri. Yang jelas kriteria yang kita buat harus bisa memastikan bisa kerjasama jangka panjang. Karena ketika kita sudah membuat aset online, seperti blog, pages, akun IG, dan lain sebagainya, artinya itu sudah seperti permanen. Jadi jangan sampai sia-sia dan produk tidak siap ketika dicari orang.

Agar lebih aman lagi, anda harus memiliki lebih dari 2 suplier. Sukur klo bisa sampai 5 suplier. Dan ke-5 nya bisa anda andalkan semua. Tapi anda tidak boleh mempertentangkan antar suplier. Itu tidak baik karena dapat mengurangi kualitas, dan juga secara psikologis jadi bermusuhan dengan suplier anda. Karena salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah dengan membuat ikatan batin yang kuat antara anda dengan suplier.

Semoga bermanfaat.

 

 

 PARTNER - PARTNER UTAMA YANG PERNAH BEKERJASAMA 

Tentang Kami

Mengambil nama Amanah dan Solution merupakan bagian dari doa agar bisa menjadi partner IT yang amanah sekaligus merupakan solusi bisnis yang tepat bagi para pemakai produk-produk kami. SELANJUTNYA....

KONTAK KAMI

Perum. Palazzo Park B-5032 Sidoarjo
WA : 081216309410/ 0895353698866

 Whatsapp 1

 Whatsapp 2