8 Software Akuntansi Nirlaba Terbaik Yang Harus Diperhitungkan

software akuntansi nirlaba

Memilih solusi akuntansi khusus dapat membantu Anda memprioritaskan tugas dan tetap mengetahui kebutuhan organisasi Anda. Sebagai manajer keuangan atau akuntan di organisasi nonprofit, Anda pasti pernah menghadapi tantangan dalam memilih solusi akuntansi yang tepat untuk kebutuhan nonprofit Anda.

Kisi-kisi Artikel :


Alasan umum untuk tantangan ini adalah bahwa organisasi seperti yang Anda pimpin memiliki kebutuhan akuntansi khusus yang tidak dapat dipenuhi oleh alat akuntansi pada umumnya yang diperuntukkan untuk organisasi profit.

Untuk mendukung proses seperti pengelolaan donasi, hibah dan pengelolaan dana, serta membuat anggaran dan laporan keuangan untuk setiap pengeluaran, Anda memerlukan alat khusus yang dibuat khusus untuk akuntansi di lembaga nonprofit.

Berikut 8 software akuntansi nirlaba yang harus diperhitungkan karena kehandalannya sebagaimana sebagian besar saya terjemahkan dari situs : blog.capterra.com

Dengan mengingat hal itu, kami telah membuat artikel ini yang menampilkan delapan alat software akuntansi nirlaba terbaik untuk membantu membuat penelitian Anda bebas repot.

1. Accufund Accounting

 Accufund AccountingAccufund Accounting (Source : blog.Capterra.com)


AccuFund Accounting Suite
adalah pelaporan keuangan berbasis cloud dan sistem akuntansi nirlaba. Alat ini menyediakan kemampuan pelaporan tingkat lanjut dan dasbor khusus untuk melacak dana, mengelola penerimaan kas, dan merekonsiliasi rekening bank.

AccuFund Accounting Suite juga membantu Anda mengalokasikan pengeluaran, membuat faktur, dan mendistribusikan anggaran ke berbagai departemen. Ini juga menyediakan fitur yang disebut pengembangan anggaran yang dengannya manajer departemen dapat masuk dan mengembangkan anggaran untuk tahun fiskal dan hibah.

Selain itu, alat ini memiliki rangkaian penggajian untuk mengelola gaji karyawan dan membantu mereka dengan manajemen pajak.

Fitur:

  • Melacak data terkait hibah, melaporkan tanggal jatuh tempo, kontak, kontrak, dan tugas terjadwal.
  • Manajemen program dan hosting acara di satu platform.
  • Alokasi biaya, pembuatan faktur, rekonsiliasi akun, dan distribusi anggaran


Harga:
Pengguna AccuFund membayar $2.995 (sekitar 45 juta rupiah) sebagai pembayaran satu kali (beli lepas). Dianjurkan untuk menghubungi tim penjualan mereka untuk informasi tambahan mengenai harga.

2. Adaptive Planning by Workday

Adaptive Planning by WorkdayAdaptive Planning by Workday (Source : blog.Capterra.com)


Adaptive Planning by Workday
(nama softwarenya), adalah alat perusahaan untuk penganggaran, perencanaan, dan pelaporan. Alat ini melayani berbagai macam bisnis termasuk perusahaan kecil dan organisasi nirlaba. Alat ini membantu meningkatkan penyelarasan sumber daya, pendanaan, dan layanan serta meningkatkan visibilitas ke dalam pengeluaran organisasi Anda.

Dengan Perencanaan Adaptif, Anda dapat merencanakan dan memperkirakan penganggaran berdasarkan program, proyek, dana, hibah, musim, dan bahkan lokasi. Alat ini juga membantu Anda melacak pengeluaran dan kontribusi donatur secara efisien.

Dengan fitur pelaporan yang mudah digunakan, Anda dapat membuat neraca dan laporan keuangan tahunan untuk melacak keseluruhan kinerja keuangan organisasi Anda.

Fitur:

  • Prakiraan berkelanjutan untuk pengelolaan dana yang dapat diprediksi.
  • Pelaporan dana dan proyek secara real-time dan efisien.
  • Kontribusi donor, biaya personel, dan pemodelan dan analisis overhead.

Harga:
Adaptive Planning by Workday menawarkan harga yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan Anda. Anda dapat menghubungi tim penjualan mereka untuk mendapatkan penawaran.

3. Blackbaud Financial Edge NXT

Blackbaud Financial Edge NXTBlackbaud Financial Edge NXT (Source : blog.Capterra.com)


Blackbaud Financial Edge NXT
adalah alat software akuntansi berbasis cloud yang dirancang khusus untuk organisasi nirlaba dan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan akuntansi mereka.

Sebagai manajer keuangan, Anda dapat menganggarkan ke masa depan, memprioritaskan pengeluaran, dan membandingkan berbagai tahun fiskal untuk menilai kebutuhan pendanaan. Alat ini juga membantu menghilangkan proses transaksi manual sambil memastikan bahwa kebijakan pengeluaran organisasi Anda diterapkan dan ditegakkan.

Alat ini mengelola pelaporan keuangan, memantau dan melacak keberhasilan program, dan juga mendukung upaya penggalangan dana.

Fitur:

  • Perencanaan keuangan, pelaporan, penganggaran, dan analisis.
  • Manajemen kebijakan dan pengendalian internal organisasi.
  • Hibah akuntansi dan pelacakan transaksi.


Harga :
Blackbaud Financial Edge NXT menawarkan harga yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan Anda. Anda dapat menghubungi tim penjualan mereka untuk mendapatkan penawaran.

4. Denali Fund oleh Cougar Mountain Software

Denali Fund oleh Cougar Mountain Denali Fund oleh Cougar Mountain (source : blog.capterra.com)


Denali Fund
oleh Cougar Mountain Software adalah solusi akuntansi untuk organisasi nirlaba, dengan fokus khusus pada akuntansi dana dan pencegahan penipuan. Alat ini memiliki rangkaian lengkap modul akuntansi yang memungkinkan akuntansi dana yang sebenarnya, manajemen hibah dan donor, laporan KPI interaktif, dan pelaporan kustom, dan lain-lain.

Cougar Mountain Software juga menawarkan Denali BI, solusi yang melacak semua KPI Anda secara real-time dengan bantuan analitik prediktif dan denyut nadi berbasis kecerdasan buatan.

Alat ini hadir dalam tiga tingkatan: Denali Basecamp, Ascent, dan Summit. Setiap tingkatan menawarkan fitur tambahan yang mencakup rekonsiliasi bank, audit, manajemen penggajian, dan formulir pajak.

Fitur:

  • Deteksi dan pencegahan penipuan.
  • Visualisasi data dengan Denali BI.
  • Pengelolaan hibah dan donatur.


Harga:
Dana Denali mulai dari $999 (atau sekitar 15 juta rupiah) sebagai pembayaran satu kali (beli lepas). Dianjurkan untuk menghubungi tim penjualan mereka untuk informasi tambahan mengenai harga.

5. FastFund

FastFundFastFund (Source : blog.Capterra.com)


FastFund
adalah solusi software akuntansi, penggalangan dana, dan penggajian nirlaba yang komprehensif. Dengan alat ini, Anda dapat mencatat uang tunai, gadai, dan donasi dalam bentuk barang, mengirim surat pengakuan, dan laporan piutang gadai.

Alat ini membantu Anda melacak semua pemangku kepentingan yang Anda tangani, baik itu donor, anggota, alumni, vendor, atau karyawan. Akuntansi FastFund juga menyediakan fasilitas manajemen kampanye yang membantu organisasi Anda melacak semua aktivitas penggalangan dananya.

Selain itu, solusi software menghasilkan laporan komprehensif yang merinci donasi dan dampak peristiwa sepanjang tahun fiskal.

Fitur:

  • Pengelolaan donasi tunai, gadai, dan natura.
  • Manajemen keanggotaan.
  • Penerimaan otomatis dan pembuatan laporan.


Harga:
Akuntansi FastFund mulai dari $42 (atau sekitar 600 ribu rupiah) per bulan, Penggalangan Dana FastFund mulai dari $20 (Rp. 400.000) per bulan, dan FastFund Payroll mulai dari $66 (Rp. 900.000) per bulan.

6. Fund Ez

Fund EZFund EZ (Source : blog.Capterra.com)


Fund EZ
adalah software akuntansi yang dibuat untuk organisasi nirlaba yang memiliki anggaran terbatas. Fitur-fiturnya termasuk buku besar, rekonsiliasi bank, penganggaran, hutang dan piutang, alokasi dana, dan penyimpanan data yang aman.

Fund EZ menawarkan antarmuka yang mudah digunakan untuk menyederhanakan pembukuan dan membuat laporan bermanfaat yang membantu tim audit dan keuangan mengidentifikasi potensi penipuan dan pencurian.

Alat ini juga menawarkan add-on yang disebut Fund EZ PRO yang menampilkan bagan akun nirlaba yang melacak program, sumber pendanaan, hibah, situs, dan departemen, membantu tim Anda mengatur klien dan donor dengan lebih baik.

Fitur:

  • Bagan akun yang dapat ditentukan pengguna.
  • Pelaporan kustom.
  • Konsolidasi perusahaan dan departemen.


Harga:
Dana EZ mulai dari $170 (Rp. 2,5 juta) per pengguna, per bulan. Untuk add-on, Anda dapat menghubungi tim penjualan Fund EZ untuk mendapatkan penawaran khusus. Anda juga dapat mengunjungi situs web mereka dan menjadwalkan demo.

7. MIP Fund Accounting

 MIP Fund AccountingMIP Fund Accounting (Source : blog.Capterra.com)

 

MIP Fund Accounting adalah solusi akuntansi dana yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan organisasi nirlaba. Alat ini membantu mendorong keterlibatan donor, menghasilkan pengembalian yang lebih besar, dan membuat tim akuntansi nirlaba Anda lebih efisien.

Solusi akuntansi nirlaba menawarkan fitur seperti akuntansi dana, penggalangan dana online, penggalangan dana acara, dan manajemen donor. Ini membantu organisasi nirlaba Anda dengan manajemen keuangan secara keseluruhan.

Software ini juga dilengkapi sistem manajemen donor yang memungkinkan Anda memahami donor Anda, membangun hubungan, dan secara efektif menyesuaikan komunikasi offline dan online untuk mendapatkan lebih banyak donasi.

Fitur:

  • Akuntansi dana
  • Penggalangan dana online dan acara
  • Manajemen donatur


Harga :
MIP Fund Accounting menawarkan harga yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan Anda. Anda dapat mengunjungi situs web vendor untuk menghubungi tim penjualan untuk mendapatkan penawaran untuk solusi software.

8. QuickBooks Online Advanced

QuickBooks Online AdvancedQuickBooks Online Advanced (Source : blog.Capterra.com)


QuickBooks Online Advanced
adalah solusi akuntansi yang membantu Anda mengatur pembukuan, memprioritaskan dan menyelesaikan tugas penganggaran, dan tetap di atas arus kas organisasi Anda.

Solusi software ini memiliki dasbor arus kas yang memberikan wawasan keuangan yang jelas ke mana setiap sen pergi. Anda juga dapat membuat peran pengguna untuk mengelola akses ke informasi sensitif lembaga nonprofit Anda.

QuickBooks Online Advanced juga menyediakan fitur pelaporan cerdas yang menganalisis KPI yang paling penting bagi persyaratan pengelolaan dana dan hibah Anda.

Fitur:

  • Bagan akun untuk visibilitas yang lebih besar.
  • Dasbor pengeluaran dan transaksi.
  • Pelaporan dan wawasan ke dalam setiap organisasi dan aktivitas individu.


Harga:
Harga untuk QuickBooks Online Advanced mulai dari $25 (Rp. 320.000) per bulan. Mereka juga menawarkan uji coba gratis 30 hari.

Apakah lembaga nonprofit Anda mencari solusi khusus? Organisasi nirlaba menghadapi tantangan unik dalam hal akuntansi, jadi wajar saja jika mencari solusi akuntansi nirlaba khusus.

8 software nirlaba by blog.capterra.com8 software nirlaba by blog.capterra.com


Untungnya, blog Teknologi Nirlaba Capterra adalah sumber yang fantastis untuk menemukan software dan solusi teknologi yang dibuat khusus untuk organisasi Anda.

Bonus : Software Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Berbahasa Indonesia.

Namanya adalah Amsol SIA Yayasan yang dikembangkan Amanah Solution. Dukunglah dan cintai produk buatan bangsa sendiri untuk sinergi dan kekompakan untuk bersaing dengan negara lain.

Amsol SIA Yayasan adalah Software Sistem Informasi Akuntansi yang dikembangkan oleh anak bangsa asli produk Indonesia. Produknya terdapat 5 varian sebagaimana berikut :

1. Software Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Sosial

Software ini dikembangkan khusus untuk menangani sistem kegiatan akuntansi di Lembaga Nirlaba/ Yayasan yang berbasis kegiatan penarikan donasi. Kalau di Indonesia Lembaga semacam ini contohnya adalah : Yayasan Dana Sosial Alfalah (YDSF), Yayasan Nurul Hayat (NH), Lembaga Manajemen Infaq (LMI), Yayasan Yatim Mandiri, dan Yayasan-yayasan lain sejenis.

Jadi lembaga-lembaga ini tujuan didirikan adalah untuk mengelola dana donasi/ infak/ zakat untuk disalurkan kepada mereka yang layak diberi.

2. Software Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Pendidikan

Software yang ini dikembangkan khusus untuk melakukan kegiatan transaksi akuntansi untuk Yayasan Pendidikan. Jadi yang dimaksud disini adalah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan/ sekolah baik itu dari jenjang PAUD, KB, TK, SD, SMP, SMA, bahkan sampai dengan Perguruan Tinggi.
Software Akuntansi Yayasan Pendidikan ini mengolah data yang digenerate dari Software Bendahara Sekolah.

3. Software Sistem Informasi Penghimpunan Donasi

Software Sistem Informasi Penghimpunan Donasi merupakan pelengkap dari Software Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Sosial.
Software Sistem Informasi Penghimpunan Donasi berfungsi untuk mengelola arus donasi keluar masuk transaksional sebuah Yayasan Sosial, termasuk peruntukannya untuk apa juga dikelola disini.

Kemudian data laporan hasil olahan software ini digenerate dan menjadi input untuk Software Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Sosial.

4. Software Sistem Informasi Bendahara Sekolah

Sistem Informasi Bendahara Sekolah fungsinya seperti Software Sistem Informasi Penghimpunan Donasi untuk Yayasan Sosial. Software Sistem Informasi Bendahara Sekolah bermanfaat untuk melakukan kegiatan pencatatan pembayaran SPP, uang sumbangan gedung, dan berbagai bentuk lain yang sifatnya pengelolaan operasional.

Kemudian data yang dihasilkan bisa digenerate dan menjadi input pada Software Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Pendidikan di atas.

5. Web Penghimpunan Donasi Online

Web penghimpunan donasi online sistem kerjanya mirip dengan kitabisa.com. Dimana user bisa create campaign yang campaign ini bisa dimintakan donasi dari pengunjung web. Pengunjung web yang tertarik dapat menyumbang campaign yang dia tertariki tersebut.

Sumbangan/ donasi bisa menggunakan berbagai sistem pembayaran uang digital (ovo, doku, dll) saat ini selain tentu saja bisa transfer bank dengan berbagai bank nya.

Kemudian sistem ini juga terintegrasi dengan whatsapp sehingga setiap kali donatur menyumbang akan ada notifikasi ke whatsapp donatur tersebut.

Adapun harganya, masing-masing sebagai berikut :

  • Software sistem Informasi Akuntansi Yayasan Sosial sebesar 8 juta rupiah (sekali beli)
  • Software Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Pendidikan 7 juta rupiah (sekali beli)
  • Software Sistem Informasi Penghimpunan Donasi 9 juta rupiah (sekali beli)
  • Software Sistem Informasi Bendahara Sekolah 7 juta rupiah (sekali beli)
  • Software Sistem Informasi Penghimpunan Donasi Online 8 juta rupiah (sekali beli)

Berikut adalah keunggulan software Sistem Informasi Keuangan yang dikembangkan oleh Amanah Solution di atas :

  • Semua software pengembangan Amanah Solution jika beli lepas akan disertakan source code nya sehingga bisa anda kembangkan sendiri jika misalnya kurang puas dengan menu-menu atau fitur yang sudah ada. Akan tetapi Amanah Solution siap menambah fitur yang anda inginkan jika dibutuhkan.

  • Semua software yang dikembangkan Amanah Solution berkonsep integrated, sehingga bisa anda gunakan untuk mengelola banyak perangkat sekaligus.
     
  • Disediakan servis pendampingan untuk semua pengguna
     
  • Garansi lifetime, artinya selama Amanah Solution masih ada anda masih bisa mengklaimkan jika ada error atau kesalahan formula. Akan diperbaiki oleh Amanah Solution tanpa membayar.
     
  • Jika anda butuh custom, Amanah Solution siap membantu.

 

Kontak Amanah Solution by whatsapp 

 

Amanah Solution siap membantu mewujudkan SISTEM INFORMASI yang aplikable untuk perusahaan anda. Berkomitmen hubungan jangka panjang bersama anda. Proses transformasi sistem ke software yang mudah dan selalu dibimbing, training bagi operator software sampai bisa mengoperasikan dengan baik, garansi error lifetime, dan support pengembangan software ke versi selanjutnya.

 

 PARTNER - PARTNER UTAMA YANG PERNAH BEKERJASAMA 

Tentang Kami

Mengambil nama Amanah dan Solution merupakan bagian dari doa agar bisa menjadi partner IT yang amanah sekaligus merupakan solusi bisnis yang tepat bagi para pemakai produk-produk kami. SELANJUTNYA....

KONTAK KAMI

Perum. Palazzo Park B-5032 Sidoarjo
WA : 081216309410/ 0895353698866

 Whatsapp 1

 Whatsapp 2