Pentingnya Software CRM untuk Perusahaan

Pentingnya CRM

Hubungan-hubungan digital yang kita ketahui seperti email WhatsApp Facebook messenger dan berbagai jenis hubungan lain itu merupakan contoh bagian dari penampakan customer relationship management di permukaan. Jenis-jenis penampakan crm yang lain juga banyak selain itu. biasanya masing-masing perusahaan memiliki platform sendiri-sendiri dalam implementasi crm ini.

Mengapa dalam komunikasi dengan prospek atau customer diperlukan sistem? Jawabannya adalah tentu saja karena resort eksternal (prospek dan customer) adalah entitas luar perusahaan yang unik tidak bisa di diseragamkan satu dengan yang lain. Resort eksternal adalah manusia yang karakteristiknya sangat berbeda-beda satu dengan yang lain. Proses pendekatan terhadap prospek yang satu dengan prospek yang lain haruslah berbeda. Nah untuk penanganan perbedaan-perbedaan tersebut diperlukan sebuah sistem manajemen. Itulah mengapa penting crm.
Lebih detil berikut alasan-alasan mengapa anda atau perusahaan anda harus mengimplementasikan crm :

1.Entitas eksternal yang unik

prospek dan customer adalah entitas eksternal yang unik karena merupakan manusia. Selain itu prospek atau customer ini juga dibagi antara pribadi atau lembaga. lembaga ini pun dibagi-bagi lagi antara lembaga besar menengah maupun kecil yang mana penanganannya pun juga berbeda. Oleh karena itu menggunakan crm dalam hal ini sangat diperlukan.

2.Otomation

Tujuan akhir dari crm adalah tentu saja otomasi. Semisal penanganan email. ketika email masuk maka menjawabnya bagaimana itu harus dipikirkan dengan matang dan dikonsep secara sistem dengan baik juga. jika email itu hanya 12 atau 10 ml per hari maka masih bisa diambil oleh bagian admin. Namun bayangkan jika sudah lebih dari 50 email per hari. Tentu sistem yang mengotomasi adalah pilihan yang harus diambil. Jangan sampai gerak perusahaan menjadi lambat karena penanganan prospek dan customer Yang tidak otomatis.

3.SOP

Dengan adanya crm menjadi lebih mudah karena pada dasarnya crm itu sendiri adalah merupakan implementasi dari sop, standar operasional prosedur. sop yang baik akan menuntun pegawai anda lebih maksimal kerjanya karena memiliki panduan yang jelas. Pekerjaan yang memiliki panduan yang jelas secara nyata dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja yang pada akhirnya tentu saja akan meningkatkan perkembangan perusahaan anda.

Inilah manfaat-manfaat yang dapat Anda ambil dari implementasi crm untuk perusahaan anda. manfaat yang lain tentu banyak tapi setidaknya dengan tiga manfaat pokok ini bisa memberikan gambaran bagi kita.

Contoh-contoh di lapangan

Adapun contoh-contoh riil praktek di lapangan seperti apa Berikut saya coba menggambarkannya.

Contoh pertama

Implementasi WhatsApp. Jika anda memiliki marketplace atau toko online untuk menjual produk-produk anda tentu jika pengunjung mengunjungi toko online anda akan melakukan kegiatan belanja yakni pilih-pilih barang atau produk yang dapat yang kemudian masuk ke keranjang belanja mereka kemudian mereka melakukan check-out. Mereka harus memasukkan data berupa nama nomor WhatsApp dan alamat agar barang bisa dikirim cepat ke rumah mereka.

Data ini langsung masuk ke database anda. Yang data ini Bisa Anda lihat ataupun bisa di otomasi langsung oleh proses bagian pengiriman. Tidak terkonfirmasi dana pembelian sudah dikirim ke nomor rekening Anda otomatis barang akan diproses oleh bagian pengiriman.

Sementara pemberitahuan nilai nominal pembelian dapat dikirimkan secara otomatis menggunakan kan WhatsApp langsung ke nomor whatsApp pembeli tersebut. berapa jumlah nilai yang harus dibayarkan dan perkiraan kapan waktu dia menerima barang.

Ini merupakan salah satu bentuk implementasi crm untuk memanfaatkan kan teknologi WhatsApp.

Contoh kedua

Implementasi pada email. Bagi sebagian orang mungkin ini dianggap sudah teknologi agak jadul. Karena sekarang sudah ada teknologi messenger yang support pada semua jenis file baik teks audio video maupun picture. Namun Jangan salah ini tetaplah powerful terutama untuk bisnis be to be.

Selain itu email sifatnya Mandiri tanpa tergantung provider atau perusahaan lain. bayangkan seandainya provider WhatsApp atau Yahoo messenger atau Facebook messenger tiba-tiba menarik layanannya apa tidak kelimpungan kita.

Tapi ML tidak akan seperti itu karena sifatnya yang mandiri. kita bisa menggunakan server atau hosting kita sendiri untuk di-setting menjadi email perusahaan yang otomatis hak kita 100% tanpa tergantung provider. Artinya kitalah Yang yang melakukan kontrol sepenuhnya terhadap email kita.

Nah pengelolaan email ini juga dibutuhkan manajemen di situlah pentingnya implementasi crm. Semisal dalam mengatur schedule tiap hari apa dan jam berapa email tertentu dikirimkan ke customer tertentu atau prospek tertentu.

Di sini dibutuhkan perhitungan yang matang mengingat ada waktu-waktu tertentu yang biasanya prospek atau customer membuka emailnya. Hal itu merupakan salah satu pertimbangan dari sekian banyak pertimbangan lain.

Belum lagi mempertimbangkan materi yang bagaimana yang perlu dikirimkan antara prospek yang baru awal atau prospek yang sudah warm. Ini juga perlu dibedakan lagi. Jadi kompleks ya? Ya memang makanya dibutuhkan sistem.

Contoh ketiga

Implementasi pada SMS broadcast.
SMS merupakan teknologi broadcast yang paling awal setelah email. Dan saat ini sepertinya sudah banyak ditinggalkan oleh perusahaan-perusahaan. Namun sekali lagi jangan salah SMS masih powerful selama sarat-sarat nya terpenuhi. Apa syaratnya?

Salah satunya adalah untuk membangun koneksi dengan prospek yang sudah memiliki engagement tinggi dengan perusahaan kita. atau bisa juga untuk membangun koneksi dengan customer yang sudah menjadi pelanggan tetap kita.

Betul memang jika digunakan untuk broadcast ke cold market sms nyaris tidak ada gunanya. Bahkan bisa jadi malah menurunkan kredibilitas perusahaan mengingat sekarang ini banyak sekali pemicuan yang menggunakan teknologi SMS broadcast. jadi jangan sampai perusahaan anda menggunakan broadcast ke sembarang orang yang belum dikenal atau istilahnya cold market, pasar yang masih dingin belum kenal sama sekali dengan Anda.

Namun jika Anda menggunakan teknologi SMS broadcast untuk pasar yang sudah memiliki engagement tinggi dengan anda maka SMS broadcast sangat powerful.

Untuk konsultasi lebih mendalam mengenai crm bagi perusahaan anda kontak saja amanah Solution.

Amanah Solution siap membantu mewujudkan SISTEM INFORMASI yang aplikable untuk perusahaan anda. Berkomitmen hubungan jangka panjang bersama anda. Proses transformasi sistem ke software yang mudah dan selalu dibimbing, training bagi operator software sampai bisa mengoperasikan dengan baik, garansi error lifetime, dan support pengembangan software ke versi selanjutnya.

 

 PARTNER - PARTNER UTAMA YANG PERNAH BEKERJASAMA 

Tentang Kami

Mengambil nama Amanah dan Solution merupakan bagian dari doa agar bisa menjadi partner IT yang amanah sekaligus merupakan solusi bisnis yang tepat bagi para pemakai produk-produk kami. SELANJUTNYA....

KONTAK KAMI

Perum. Palazzo Park B-5032 Sidoarjo
WA : 081216309410/ 0895353698866

 Whatsapp 1

 Whatsapp 2